Kuil Soepermanie-em Naggarattar










Kuil ini berlokasi di Jalan Kebun Bunga atau Jalan Kejaksaan No. 6 Medan. Evawani Elisa dari Osaka University dalam tesisnya (1996) menulis bahwa kuil ini adalah kuil Hindu pertama yang dibangun untuk orang India di Medan. Pembangunannya diperkirakan berlangsung pada akhir abad ke-19, tepatnya pada 1892 di lokasi yang dekat dengan pemukiman masyarakat India, Kampung Madras.

Kuil ini didirikan oleh Keluarga Chettyar yakni N.V. Muthaian Chettyar, S.M. ST. Muthukaruppan Chettyar, SP. Palaniappa Chettyar, dan A.M. Muthukaruppan Chettyar. Perkumpulan ini kemudian disahkan kembali pendiriannya dengan ketetapan Gubernur Jendral Hindia Belanda pada tanggal 12-12-1916.

Berbeda dengan kuil lain, Sri Mariaman misalnya, yang telah mengalami renovasi, kuil ini sampai sekarang masih tetap mempertahankan bentuk aslinya. Bangunan candi ini tersembunyi oleh dinding tertutup di sepanjang situs. Hanya bagian mahkota candi saja yang terlihat dari luar dinding. Untuk pintu masuk gerbang, sebuah gapura diletakkan di depan sebagai pintu masuk gedung.

Komentar

Postingan Populer