Seni Melukis Kolem

Kolem atau yang biasa juga disebut sebagai rangoli adalah lukisan di atas lantai halaman rumah dan kuil. Kolem diambil dari bahasa Tamil yang berarti indah atau cantik. Kesenian ini dianggap sebagai satu cara yang mudah untuk melakukan kebajikan seperti yang dikehendaki oleh agama Hindu.

Kolem menjadi perhiasan yang dilukis pada Tahun Baru dan Deepavali, atau pada hari-hari yang dianggap istimewa dan suci seperti pada hari Selasa dan Jumat. Tak ketinggalan kenduri dan perkawinan. Selain sebagai pembawa keberuntungan, kabarnya juga untuk menghalangi unsur-unsur jahat.

Dirancang dengan kombinasi yang indah dari berbagai warna, lukisan kolem menciptakan karya seni yang memikat. Pada dasarnya lukisan kolem dilantai berarti tanda selamat datang pada Dewi Laksmi, Dewi Kekayaan dalam perayaan Diwali.

Kesenian ini dikenal dengan nama berbeda di berbagai daerah. Rangoli biasa digunakan di Maharashtra, Alpana di Bengal, dan Kolem di India Selatan. Meskipun memiliki asal-usul di Maharashtra, saat ini kesenian kolem dipratekkan di berbagai kelompok keturunan India di dunia. Ini merupakan salah satu seni yang paling popular di kalangan perempuan India.

Kolem adalah kesenian tradisi dengan desain geometris dan proporsional. Pola-pola dibuat dengan jari menggunakan bubuk beras, dilumatkan batu kapur, atau kapur berwarna. Sebagai pelengkapnya bisa saja di atasnya dibeli biji-bijian, kacang-kacangan, manik-manik, atau bunga.

Desain kolem umumnya didasarkan pada tema-tema. Tema umum yang sering digunakan adalah simbol surgawi seperti matahari terbit, bulan, bintang, tanda-tanda zodiac, simbol suci seperti Om, Mangal Kalash, swastika, cakra, Deepak, trisula, "Shri", teratai. Walau begitu, tema dan desain kolem tergantung kepada kretifitas dan imajinasi pelukisnya.

Berbagai bahan digunakan untuk membuat kolem. Dahulu warnanya diperoleh dari bahan-bahan tradisional pewarna alami seperti dari pohon, daun, dan nila, tetapi sekarang sudah menggunakan pewarna sintetis dengan berbagai warna cerah. Di India selatan negara seperti Kerala, bunga-bunga seperti marigold, krisan, dan daun-daunan digunakan sebagai pewarna kolem.

Karena proses pembuatanya dengan menggunakan serbuk beras berwarna dengan jari, proses pembuatan kolem sangat sulit dan melahkan. Diperlukan ketelitian untuk dapat menciptakan detail yang cantik dan rapi. Keluhuran seorang perempuan konon juga diukur dari karya kolem yang mereka hasilkan. Walau rumit, rasa lelah tersebut akan hilang begitu kolem tersebut sudah jadi dengan sempurna.

Kolem adalah seni budaya India yang menjunjung tinggi nilai-nilai lama, keramahan, kesempurnaan dalam seni, dan penghormatan bagi yang maha kuasa serta rasa takut melampaui pemahaman manusia.

Komentar

Postingan Populer