Mari Ber-Spa Ria


Bau aroma terapi natural, bunga lavender, sandalwood, atau lemon grass tercium, menyeruak, memenuhi indera penciuman manusia. Interior dekorasinya menenangkan jiwa, landscapenya natural, di dalam ruangan tersedia kolam renang, garden, lemari penyimpanan, shower, dan jacuzzi. Para pengunjungnya siap untuk memanjakan diri, mencharge ulang jiwa, pikiran, tubuhnya. Gambaran ini adalah deskripsi umum sebuah spa.

Apa yang cari orang di Spa kalau bukan relaksasi, refresh, melepaskan penat di seluruh tubuh atau sekadar menyegarkan punggung dan leher yang kerap pegal-pegal. Tidak memakan banyak waktu, cukup 30 sampai 60 menit, Anda sudah dapat merasakan manfaatnya. Entah itu tradisional spa, dengan menggunakan baby oil atau spa aromaterapi dengan massage oil sesuai dengan mood Anda.

Terapi spa merupakan perawatan holistic. Tidak hanya mencakup perwatan fisik dari ujung kaki sampai ujung rambut, tetapi juga perawatan jiwa. Salah satu pemicu kebutuhan masyarakat urban akan spa adalah karena rutinitas masyarakat yang menyebabkan semakin tingginya level stress masyarakat. Kalau mau mengasumsikan, spa itu ibarat makanan bagi tubuh dan jiwa manusia. Memberikan relaksasi bagi jiwa dan kesegaran bagi tubuh. Apalagi perlengkapannya sebagian besar dari aromaterapi dan herbal yang berbahan dasar natural.

Seperti terdapat pada Angkasa Spa dan fitness centre yang berada di Hotel Grand Angkasa Medan. Di sini Anda akan ditawarkan pada kesenangan rahasia dari Bali-Asia dengan fasilitas yang efisien dan suasana yang kondusif. Angkasa spa menggabungkan seni perawatan wajah dan tubuh secara total dengan bahan-bahan alami.

Selain menyediakan safety boks di kamar Anda, spa ini juga menyediakan kimono, handuk, sarung, sandal, ruang ganti, dan kalau Anda memerlukan juga disediakan celana dalam sekali pakai. Para terapisnya juga terlatih untuk menutupi daerah sensitif dengan kain atau handuk untuk menjaga privasi para klien.

Perawatan komplit ditempat ini mulai dari pijat, traditional body treatment, dan face treatment. Pijat (massage) terdiri atas pijat tradisional, bagus untuk menghilangkan lelah dan meperlancar peredaran darah, pijat aroma terapi untuk membuat tubuh terasa nyaman dan santai dengan berbagai pilihan aroma terapi sesuai keinginan Anda, dan pijatan daerah leher dan panggung. Pijatan ini lebih memfokuskan pada leher dan punggung untuk menghilangkan letih atau urat yang tegang sekitar leher. Pijatan ini juga menggunakan aroma terapi.

Perawatan tubuh tradisional terdiri atas lulur dan enzim papaya. Bahan lulur terbuat dari beras sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulitt mati, kunyit sebagai antiseptic dan pencerah warna kulit, dan sari pati kayu cendana sebagai pengharum kulit. Selanjutnya giliran bengkoang dan yoghurt sebagai pelembut kulit. Enzim papaya terbuat dari buah papaya dan rumput laut. Vitamin E-nya berfungsi untuk menghaluskan kulit serta Lumpur putih untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Perawatan wajah dilakukan dengan anti aging facial, untuk mencegah garis-garis penuaan di sekitar wajah, membuat wajah tampak lebih muda dan revitalizing facial untuk membuat kulit tampak lebih lembut, segar, dan berseri.

Sekarang ini, selain spa untuk perawatan tubuh dan wajah, saat ini berbagai inovasi spa ditawarkan. Mulai dari red wine spa khusus untuk wanita, v spa sampai spa untuk mempercantik area alat kelamin wanita. V spa adalah spa khusus untuk vagina. Dalam v-spa ini digunakan teknik pengasapan atau penguapan, taknik pijat akupresur yang diterapkan di seluruh tubuh, terutama vagina. Ada pula meditasi gerak, semacam senam kegel untuk vagina.

Kalau di Indonesia, terutama di kota besar, tren spa terbaru adalah semacam v-spa di New York kini ada spa khusus untuk memperkuat dan mempercantik area alat kelamin wanita. Nama spanya adalah Phit, untuk pengujian ginekologikal dikenakan biaya sebesar US$150. Seperti ditulis New York Times, untuk mengujinya klien disuruh dokter mengerutkan otot kelaminnya untuk ditentukan kekuatannya. Bila dinilai lemah maka selanjutnya, si klein dianjurkan mengambil paket perawatan lanjutan, misalnya latihan menggunakan mesin elektrostimulasi, mesin untuk melatih otot kelamin, semacam senam kegel.

Hem… ada banyak macam jenis spa, bahkan ada untuk menaikkan prestisenya menyebut diri spa, walau tak terlalu memenuhi criteria. Its okelah, yang pasti jika Anda memiliki uang lebih berkisar Rp150 ribu, Anda sudah bisa ber-spa ria. Tapi jangan lupa kalau Anda ingin ber-spa ria, sebaiknya Anda melakukan reservasi dahulu untuk memastikan Anda mendapatkan pelayanan terbaik. Yuk… mari ber-spa ria.


Spa, Kesehatan dari Air

Spa… istilah ini sudah begitu terkenal. Ia menjadi ikon gaya hidup para eksekutif modern. Leisure time dihabiskan untuk merawat dan memanjakan diri di tempat-tempat seperti mall, music lounge, cafĂ©, klub, salon, dan tentu saja Spa. Spa telah menjadi kebutuhan tertier bagi mereka yang memiliki uang berlebih berkisar Rp150 ribu di kantong. Tetapi tahukah Anda apa sebenarnya Spa?

Spa sebenarnya singkatan dari Solus per Aqua. Artinya kesehatan dari air. Dalam bahasa Inggris disebut Hydrotherapy. Secara tradisional defenisi ini mengacu kepada sebuah tempat yang terdapat air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan. Biasanya adalah sebuah pemandian air panas atau mineral. Istilah spa ini berasal dari kota Spa di Belgia. Tetapi secara modern, spa adalah sebuah resor mewah atau resor hotel yang menawarkan pemandian air panas, dingin, steam, sauna serta fasilitas pijat, pijat refleksi hingga menicure, pedicure, scrubbing, dan seterusnya. Intinya adalah perawatan tubuh dan pemanjaan diri.

Konon, cara memanjakan diri dengan cara ini sudah ada sejak 8000 tahun SM. Cerita legenda pertamanya ditemukan Bladut yang kemudian didokumentasikan oleh Geoffrey of Monmouth dalam bukunya History of The Kings of Britain di tahun 1136. Jadi jika Anda menganggap ritual spa ini sebagai sesuatu yang sangat baru, maka Anda salah besar. Orang bijak bilang, tidak ada sesuatu yang baru pun di bawah matahari, nil novi sub soli. Bangsa romawi pun sudah mengenal spa lebih dari 2000 tahun lalu. Sekitar tahun 25 SM, Raja Agripa membangun Roman Thermae pertama. Ini adalah spa pertama dengan skala besar dalam peradaban manusia.

Kalau spa sekarang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, thermae ini juga memiliki banyak fasilitas layaknya spa modern zaman sekarang. Pengunjung thermae juga menjalankan kegiatan-kegiatan olahraga, sauna, berndam, pijat dengan minyak rempah, scrubbing, dan relaksasi di ruang duduk atau ruang perpustakaan.

Hem… tahu tidak, spa semakin menyebar di seluruh dunia karena pengaruh ratu kecantikan Cleopatra di abad ke-16. Konon ceritanya nih, sang ratu kecantikan ini biasa berendam air panas yang dicampur dengan minyak astiri dan aneka wewangian. Habit satu ini menyebar bersama kecantikannya yang terberitakan ke seluruh dunia. Mungkin ini juga yang menyebabkan spa menjadi identik dengan kelas sosial tertentu.

Di Asia pun, spa ini sudah lama dikenal. Pernah dengar kan Spa dengan konsep Zen yang saat ini banyak digunakan di seluruh dunia? Nah… spa jenis ini pertama sekali dibangun di Izumo, Jepang pada tahun 737 M. Bentuknya waktu itu masih sederhana sekali, masih sekadar pemandian air panas untuk relaksasi. Sesuai namanya, spa ini mengadopsi konsep akar Zen dari China, esensinya adalah mencapai esensi dasar alam untuk mencapai ketenangan dan pencerahan jiwa. Sekarang konsep ini biasa diterapkan spa-spa modern lewat desain interior, landscape, dan metode perawatannya. Tujuannya, tentu saja mencapai ketenangan jiwa.

Di Indonesia, perawatan dengan bahan-bahan alami tradisional ini juga sudah sangat lama dikenal. Di kebudayaan raja-raja Jawa ada ritual mandi kembang dan mandi rempah. Bahkan beberapa ramuan tradisional untuk merawat tubuh ini tetap populer di kalangan wanita modern lewat spa. Seperti luluran, ratus, masker bengkoang, dan pemanfaatan beberapa bumbu masak untuk terapi kesehatan. Seperti sereh untuk rematik, infeksi kulit, dan urat-urat mengencang. Jahe untuk menghilangkan demam, kedinginan, dan hilangnya nafsu makan. Biji pala mengobati rematik, artritis, sakit dalam perut. Marjoram untuk menyembuhkan darah tinggi, dan migren, dan cengkih untuk mengobati sakit gigi dan sakit perut.

Kini boleh dikatakan pemakai jasa spa di kota-kota besar, temasuk Medan, sangat banyak jumlahnya. Tingkat kesibukan dan rutinitas telah membelenggu kehidupan masyarakat kota, stres di samping pola makan yang tidak sehat serta jarangnya berolahraga merusak kesehatan banyak orang di kota-kota besar. Tak dapat dipungkiri, spa terus melaju menjadi sebuah fenomena melahirkan sebuah tren masa kini. Akibatnya penawaran berbagai paket kesehatan pun menjamur. Setiap orang dapat memilih, bergantung tempat dan kemampuan para tamu.

Tak Hanya Wanita


Siapa bilang spa dikhususkan hanya untuk wanita? Biasanya aktivitas memanjakan tubuh ini didominasi kaum perempuan. Alih-alih untuk kesegaran dan kebugaran tubuh, banyak kaum perempuan serta eksekutif perempuan menjadikan spa sebagai bagian life style mereka. Seperti halnya salon, saat ini spa juga menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi para pria eksekutif.

Mengapa kaum pria bisa betah menghabisakan sedikit sisa hari di spa? Bagi masyarakat super sibuk seperti sekarang, sedikit liburan dan waktu senggang seperti pemberian sangat berharga. Harus dimanfaatkan dengan sangat baik. Hal yang terbaik yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu-waktu emas tersebut adalah sedikit memanjakan diri untuk membuat hidup menjadi lebih indah. Menghabiskan sisa hari, menikmati waktu-waktu senggang dengan pijatan, ketenangan, kemewahan, berendam air hangat, memberi ruang kepada pikiran melepaskan beban, aroma terapi yang menyegarkan hidung. Hem… nikmatnya hidup. Itulah sebabnya, saat ini spa-spa semakin menjamur.

Menjelang akhir pekan, usai bekerja keras selama sepekan, kaum pria kini lebih memilih melakukan relaksasi di tempat-tempat perawatan spa. “Nggak harus keluar kota untuk relaksasi. Ke spa aja,” kata James, karyawan sebuah perusahaan jasa di Medan. Sebagai ganti liburan ke luar kota adalah perawatan melalui shaving dan head massage atau pemijatan pada kepala untuk mengurangi rasa penat. Biasanya, perawatan spa untuk pria didahului dengan body scrub dan masker perawatan kulit.

Di Amerika Serikat, kunjungan kaum pria ke spa meningkat 300 persen dibanding 10 tahun lalu. William Morris, orthoterapoist dan ahli master di Carmichael Inn and Spa di Ottawa, Canada, menegaskan bahwa pria juga butuh relaksasi seperti yang didapatkan wanita di spa.

Chinergyday Spa adalah salah satu spa khusus pria di Medan. Spa ini sudah ada sejak dua tahun lalu dan berada di pusat perekonomian kota Medan. Penawaran di spa ini mulai dari macam-macam pijatan (relaxing massage, chinergy massage, shiatsu, dan hot stone massage), whirlpool, sauna, dan steam.

Masing-masing pemijatan ini punya keasyikan tersendiri. Utnuk pemijatan shiatsu, sebelum pemijatan biasanya para tamu yang tadinya berpakaian biasa dikenakan pakaian semacam daster (kamerjas) agar lebih santai selama terapi berlangsung. Dari situ tamu diantar ke ruangan untuk mulai dengan terapi Spa. Setelah mencuci badan tamu, bisa mengikuti petunjuk terapis pria untuk mulai masuk ke ruang steam (uap) atau ke ruang Spa sebelum masuk di kolam air hangat dan air dingin.

Dari ruang steam yang dipenuhi uap air ini tercium wewangian campuran rempah sedangkan di ruang Spa hanya panas dalam batas ukuran tertentu, kadang sesuai dengan permintaan tamu. Dari sana tamu langsung masuk dalam kolam air dingin dan panas. Dengan proses inilah banyak macam penyakit dapat terobati atau paling tidak cara demikian bisa menguatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit musiman. (Eka Rehulin/LuxoMagazine edisi 6/photo:int)

Komentar

Postingan Populer